Selasa, 29 Maret 2016
PLS : Analisa Evaluasi Program
Review Mata Kuliah Analisa Evaluasi
Program
Semester VI
Pada
kesempatan kali ini saya akan menulis mengenai apa saja yang saya lakukan di
semester VI pada mata kuliah Analisa Evaluasi Program, Dosen : Ahmad Fauzi M.
Pd.,
Dalam
mata kuliah ini terdapat 16 pertemuan, pada awal perkuliahan seperti biasa ada
yang namaya kontrak antara mahasiswa dan dosen. Kontrak disini yaitu
kesepakatan – kesepakatan yang di lakukan berupa peraturan – peraturan perkuliahan.
Setiap mahasiswa memiliki kesempatan tidak hadir sebanyak dua kali, nah bagi
teman – teman yang mau kesempatan izin nya bertambah harus bisa unggul dalam
pembelajaran mata kuliah ini. Seperti apakah pembelajarannya??
Pertama
– tama di kelas mahasiswa di bagi kedalam empat kelompok, nama kelompok sesuai
dengan nama lembaga pendidikan Non Formal yaitu SKB, BPPNFI, BLK, LKP dan PKBM.
Di tulisan sebelumnya saya telah membagikan informasi mengenai Balai Latihan
Kerja (BLK) dan BLK merupakan kelompok saya.
Dalam
satu kelompok terdapat Koordinator kelompok, juru bicara yang bertugas
menyampaikan materi dan tim referensi yang bertugas untuk mencari sumber –
sumber materi. Selain itu juga setiap kelompok memiliki perangkat masing –
masing yang mencirikan kelompok tersebut. Seperti membuat name table yang
menarik, ada pula yang membuat spanduk.
Pada
pelaksanaan pembelajaran pertama – tama dosen memilih salah satu kelompok untuk
mempresentasikan materi yang sesuai dengan kelompoknya, sebelum presentasi di
mulai biasanya setiap kelompok menampilkan yel – yel terlebih dahulu, setelah
itu barulah setiap kelompok menjelaskan materi yang di bahas. Setelah kelompok
pertama selesai menjelaskan lanjut dengan kelompok berikutnya hingga kelompok
terakhir selesai menjelaskan.
Setelah
semua kelompok selesai memaparkan materi yang disampaikan, kemudian dosen
menyebutkan satu kelompok untuk mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain dan
seterusnya setelah semua kelompok kebagian bertanya. Contoh : Kelompok BLK
bertanya kepada kelompok SKB.
Dilanjutkan
dengan pertanyaan rebutan, kelompok paling duluan mengacungkan tangan dia lah
yang berhak bertanya. Dimana kelompok bebas bertanya kepada kelompok lain dan
tidak dibatasi hanya satu pertanyaan. Kemudian pertanyaan dari kelompok yang
tertuju kepada tim referensi apabila tim referensi tidak bisa menjawab tentunya
nilai nya menjadi min. Setiap pertanyaan dan jawaban dosenlah yang menilai
sehingga setiap kelompok harus semuanya aktif dalam menyampaikan gagasan –
gagasannya.
Sekilas
pembelajaran dalam mata kuliah Analisa Evaluasi Program dalam perkuliahan ini
mahasiswa menjadi semangat dan terus termotivasi karena di akhir pembelajaran
kelompok paling tertinggi akan mendapatkan izin tambahan selain itu dengan
metode seperti ini menjadikan mahasiswa semakin aktif dan wawasannya menjadi
luas mengenai lembaga – lembaga Non Formal dan tidak membosankan karena disini
yang aktif lebih banyak adalah mahasiswanya. Kekurangannya masih banyak
mahasiswa yang kurang aktif yang belum bisa menyampaikan pendapatnya sehingga
yang berpendapat adalah orang – orang yang sama yang aktif di kelas.
Mungkin
itu saja yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat J
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar