Long Life Education

Pages

  • Beranda

Histats

Mengenai Saya

Unknown
Lihat profil lengkapku

Blog Archive

  • ▼  2016 (6)
    • ▼  Maret (6)
      • PLS : Analisa Evaluasi Program
      • SlideShare - Non Formal Education
      • PLS: Monitoring dan Evaluasi
      • PLS : Balai Latihan Kerja Provinsi Banten
      • PLS : Balai Latihan Kerja
      • Komunikasi Sosial dan Pembangunan
  • ►  2014 (5)
    • ►  April (5)
Selasa, 29 Maret 2016

PLS : Analisa Evaluasi Program



Review Mata Kuliah Analisa Evaluasi Program
Semester VI


Pada kesempatan kali ini saya akan menulis mengenai apa saja yang saya lakukan di semester VI pada mata kuliah Analisa Evaluasi Program, Dosen : Ahmad Fauzi M. Pd.,


Dalam mata kuliah ini terdapat 16 pertemuan, pada awal perkuliahan seperti biasa ada yang namaya kontrak antara mahasiswa dan dosen. Kontrak disini yaitu kesepakatan – kesepakatan yang di lakukan berupa peraturan – peraturan perkuliahan. Setiap mahasiswa memiliki kesempatan tidak hadir sebanyak dua kali, nah bagi teman – teman yang mau kesempatan izin nya bertambah harus bisa unggul dalam pembelajaran mata kuliah ini. Seperti apakah pembelajarannya??  

Pertama – tama di kelas mahasiswa di bagi kedalam empat kelompok, nama kelompok sesuai dengan nama lembaga pendidikan Non Formal yaitu SKB, BPPNFI, BLK, LKP dan PKBM. Di tulisan sebelumnya saya telah membagikan informasi mengenai Balai Latihan Kerja (BLK) dan BLK merupakan kelompok saya.

Dalam satu kelompok terdapat Koordinator kelompok, juru bicara yang bertugas menyampaikan materi dan tim referensi yang bertugas untuk mencari sumber – sumber materi. Selain itu juga setiap kelompok memiliki perangkat masing – masing yang mencirikan kelompok tersebut. Seperti membuat name table yang menarik, ada pula yang membuat spanduk.

Pada pelaksanaan pembelajaran pertama – tama dosen memilih salah satu kelompok untuk mempresentasikan materi yang sesuai dengan kelompoknya, sebelum presentasi di mulai biasanya setiap kelompok menampilkan yel – yel terlebih dahulu, setelah itu barulah setiap kelompok menjelaskan materi yang di bahas. Setelah kelompok pertama selesai menjelaskan lanjut dengan kelompok berikutnya hingga kelompok terakhir selesai menjelaskan.

Setelah semua kelompok selesai memaparkan materi yang disampaikan, kemudian dosen menyebutkan satu kelompok untuk mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain dan seterusnya setelah semua kelompok kebagian bertanya. Contoh : Kelompok BLK bertanya kepada kelompok SKB.

Dilanjutkan dengan pertanyaan rebutan, kelompok paling duluan mengacungkan tangan dia lah yang berhak bertanya. Dimana kelompok bebas bertanya kepada kelompok lain dan tidak dibatasi hanya satu pertanyaan. Kemudian pertanyaan dari kelompok yang tertuju kepada tim referensi apabila tim referensi tidak bisa menjawab tentunya nilai nya menjadi min. Setiap pertanyaan dan jawaban dosenlah yang menilai sehingga setiap kelompok harus semuanya aktif dalam menyampaikan gagasan – gagasannya.

Sekilas pembelajaran dalam mata kuliah Analisa Evaluasi Program dalam perkuliahan ini mahasiswa menjadi semangat dan terus termotivasi karena di akhir pembelajaran kelompok paling tertinggi akan mendapatkan izin tambahan selain itu dengan metode seperti ini menjadikan mahasiswa semakin aktif dan wawasannya menjadi luas mengenai lembaga – lembaga Non Formal dan tidak membosankan karena disini yang aktif lebih banyak adalah mahasiswanya. Kekurangannya masih banyak mahasiswa yang kurang aktif yang belum bisa menyampaikan pendapatnya sehingga yang berpendapat adalah orang – orang yang sama yang aktif di kelas.
Mungkin itu saja yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat J
Diposting oleh Unknown di 19.34
Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Bagikan ke X Berbagi ke Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Copyright © 2012 Long Life Education |